Dispora Banda Aceh

8 Tempat Tercantik di Dunia Buat Melihat Bintang

8 Tempat Tercantik di Dunia Buat Melihat Bintang

Ngomongin soal keindahan alam, kebanyakan dari kita udah gak awam lagi soal tempat-tempat buat menikmati sunrise. Tapi apakah kamu tau lokasi mana aja yang paling keren buat liat view langit dengan gemerlap bintangnya? Di atas genteng? Di atas pohon? Di balkon rumah tetangga? Atau di kubah masjid? Kali ini Mister pengen ngebahas tentang beberapa tempat di dunia yang pemandangan langitnya paling cantik!

 

1. Connemara, Irlandia  

Sumber foto: earthsky.org

Di siang hari aja kawasan perdesaan yang ada di ujung barat Eropa ini udah keren banget pemandangan alamnya. Pas malam hari, suasana langsung berubah! Langitnya yang jauh dari gangguan polusi cahaya kota, bikin kamu bisa liat lautan bintang dengan ragam warnanya. Keindahan langit Connemara bukan cuma menarik bagi para wisatawan, lho. Ada banyak juga para astronomer yang datang ke sini untuk melihat bintang dan benda-benda langit lainnya dengan lebih jelas.

 

2. Gurun Sahara

Sumber foto: www.bebuzee.com

Gurun dengan luas 9 juta kilometer persegi ini merupakan gurun terbesar di dunia yang melewati 10% dari seluruh Benua Afrika. Sebagai salah satu tempat paling terisolasi di muka bumi, Gunung Sahara pas banget buat tempat menikmati bintang karena jauh dari lampu-lampu kota yang ngerusak pemandangan langit.

 

3. Jembatan Alam Monumen Nasional, AS

Sumber foto: thethrillsociety.com

Berlokasi di Natural Bridges National Park, Utah, jembatan yang terbentuk secara alami ini adalah salah satu tempat paling pertama di Amerika Serikat yang disertifikasi oleh International Dark-Sky Association. Asosiasi yang dibentuk sejak tahun 1988 ini emang bergerak dalam bidang pelestarian keindahan langit dan angkasa dari polusi cahaya. Nah, selain view langitnya yang udah pasti luar biasa cantik, di sini kamu juga bisa belajar tentang konstelasi bintang dengan seorang pemandu dari program Night Sky Watch.

 

4. Mauna Kea, Hawaii

Sumber foto: www.keckobservatory.org

Bukan cuma jadi surga buat para pencinta pantai, Hawaii juga punya spot-spot keren buat menikmati pemandangan langit dengan taburan bintangnya. Di Observatorium Mauna Kea yang berlokasi di puncak gunung laut tertinggi di dunia (4.205 meter di atas permukaan laut), kamu bisa melihat bintang dari dekat dengan salah satu dari 13 teleskop yang ada di sini. Buat mampir ke sini juga gampang banget, kok, karena ada banyak paket tur yang ditawarin buat para wisatawan.

 

5. Tuscany, Italia

Sumber foto: carmassi1.rssing.com

Di kota inilah Galileo Galilei menciptakan teleskop. Makanya gak heran kalau Tuscany hingga sekarang masih jadi salah satu tempat paling terkenal di dunia buat melihat view angkasa. Bukan cuma bintang yang bisa kamu liat di sini. Dengan menggunakan teleskop, kota ini juga lokasi paling oke buat mengobservasi permukaan bulan, titik matahari, hingga Jupiter dengan lebih jelas. Jauh dari lampu perkotaan di tengah perbukitan dan lembah, kamu dijamin bakal puas, deh, menikmati lautan bintang di sini!

 

6. Gurun Atacama

Sumber foto: www.toptravelleads.com

Gurun yang sebagian besar berlokasi di Chili ini juga melewati beberapa negara di Amerika Selatan lainnya, seperti Peru, Bolivia, dan Argentina. Saking cantik dan jelasnya pemandangan langit di Gurun Atacama, beberapa observatorium astronomi terpenting di dunia bahkan dibangun di sini! Salah satu keistimewaan dari gurun ini adalah sedikitnya kandungan debu dan gas di langitnya, serta level kekeringan udara di sekitarnya yang bikin langit di Gurun Atacama jadi bener-bener bersih dan cerah saat malam hari.

 

7. Aoraki Mackenzie, Selandia Baru

Sumber foto: nationalgeographic.co.id

Nah, kalau yang satu ini masih lumayan deket dari Indonesia. Di Aoraki Mackenzie terdapat cagar alam langit malam terbesar di dunia. Ternyata ada, ya, yang namanya cagar alam langit malam hehe. Dengan luas 4.300 kilometer persegi, kawasan ini dikelilingi sama pegunungan salju yang kerennya minta ampun. Gak percaya? Tonton aja Lord of the Ring! Area ini juga disebut-sebut sebagai tempat terbaik buat melihat angkasa di bagian selatan bumi, lho.

 

8. Taman Nasional Sagarmatha, Nepal

Sumber foto: nationalgeographic.com

Belum banyak yang tau kalau Everest dalam bahasa masyarakat setempatnya disebut dengan nama Sagarmatha. Kalau yang satu ini udah gak usah dijelasin panjang lebar lagi, lah. Berlokasi di pegunungan Himalaya yang merupakan atap dunia, bukan cuma taburan bintang super indah yang bisa kamu liat di sini, tapi juga benda-benda angkasa langitnya kayak bulan dan planet-planet terdekat dari bumi. (traveling.com)

comments

Editor Rating
80
80
Travel
User Rating
0
User rating
Penulis

Powered by lokava