Dispora Banda Aceh

Berbuka Puasa dengan 5 Makanan Sehat

Berbuka Puasa dengan 5 Makanan Sehat

Setelah berpuasa dari subuh hingga maghrib, Anda dianjurkan untuk segera berbuka, untuk memulihkan kembali energi dalam tubuh yang sudah hilang.

Tidak harus mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, ada beberapa jenis makanan, dilansir Hello Sehat,  yang mampu memulihkan energi setelah puasa. Apa sajakah itu?

1. Kurma
Kurma mengandung karbohidrat tinggi, salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa. Jenis gula alami yang disebut dengan fruktosa ini, nantinya akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi.

Itulah sebabnya makan kurma saat berbuka bisa memberikan Anda stamina setelah seharian berpuasa.

Kurma juga kaya akan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang, dan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Bahkan, kurma memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes.

2. Madu
Madu mengandung tinggi kalori karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Tentunya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan energi setelah puasa.

Selain gula alami, madu mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya peradangan dan menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Pisang
Kandungan buah pisang sebagian besar terdiri dari serat dan gula, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa bisa jadi pendongkrak energi.

Selain itu, buah pisang juga mampu membuat Anda kenyang lebih lama dan tentunya sehat untuk pencernaan karena teksturnya yang lembut. Bahkan, kandungan kalium pada pisang membantu tubuh menurunkan tekanan darah.

4. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang berpotensi melawan tubuh Anda dari kelelahan.

Meskipun rasanya manis, kandungan serat pada ubi jalar membantu memperlambat penyerapan gula sehingga mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Selain itu kandungan antioksidan pada ubi jalar mendukung kesehatan otak, sama seperti brokoli dan sayuran hijau lainnya.

5. Apel
Meskipun rendah kalori, apel dapat menghasilkan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Air, vitamin B, kalium, dan zat besi yang terkandung pada apel mempengaruhi fungsi jantung dan otot sehingga membantu memulihkan energi setelah puasa.

Selamat mencoba.(kabar6)

comments

Tags:
Penulis

Powered by lokava