Dispora Banda Aceh

Car Free Day Mulai Jadi Tren Warga Kota

Car Free Day Mulai Jadi Tren Warga Kota

 

Banda Aceh –  Setiap Minggu Pagi, ribuan warga Banda Aceh memenuhi jalan Jalan Daud Beureuh dari Simpang Jambo Tape – Simpang Lima Kota Banda Aceh. Dari pukul 06.30 – 11.00 WIB, jalan ini bebas asap kenderaan karena digunakan untuk kegiatan Banda Aceh Car Free Day.

Sejak pertama kali dilaunching oleh Wali Kota, H Aminullah Usman SE Ak MM pada 11 Februari 2018 peminat CFD semakin ramai.  Saat ini Car Free Day mulai jadi tren warga kota. Warga kota mulai menjadikan CFD sebagai ajang berolahraga di pagi minggu bersama keluarga.

Tingginya antusiasme warga kota terhadap CFD ini menarik minat para sponsor. Setiap minggunya CFD selalu disponsori oleh sejumlah produk maupun instansi. Informasi dari panitia CFD, Ade Haryandi, saat ini para sponspor sudah antri, dan CFD sudah memiliki sponsor hingga akhir Oktober.

CFD merupakan inovasi dari Pemerintahan Amin-Zainal dalam menghadirkan area publik bagi warga kota. Area ini dapat dimanfaatkan warga untuk berolahraga dengan keluarga di akhir pekan. CFD juga memberi ruang bagi Ekonomi Kreatif yang mempelopori wadah UMKM dan beragam Komunitas di Kota Banda Aceh.

Di CFD, selain bisa dimanfaatkan oleh keluarga dan masyarakat umum sebagai area olahraga, juga disuguhkan dengan berbagai macam pertunjukan seni dan budaya Aceh. Kegiatan wajib yang selalu ada dilaksanakan adalah senam jantung sehat dan seni budaya Aceh. Siapa saja yang ingin membuka lapak UMKM, buka stand komunitas untuk promosi, sosialisasi, edukasi, dan lainnya silahkan langsung mendaftarkan ke panitia. Semuanya gratis dan tanpa berbayar. Bagi komunitas Seni Pertunjukan, Musik, Budaya dan sejenisnya silahkan untuk partisipasi.

“Selain untuk berolahraga, warga juga bisa berbelanja aneka produk ekonomi kreatif dari perajin Banda Aceh. CFD ini juga dapat digunakan untuk sosialisasi program-program pemerintah, bisa juga ngopi dan menikmati beraga kesenian tradisional juga,” kata Aminullah.

Aminullah berharap, CFD akan menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan di Banda Aceh. Tren tingginya wisatawan berkunjung pada akhir pekan menjadi tantangan tersendiri menjadikan CFD terus menyajikan dan memperkenalkan Banda Aceh dan Aceh secara umum.

Manfaat lain dari Banda Aceh CFD, selain menjadi area olahraga bagi keluarga setiap akhir pekan, juga memberikan ruang silaturrahmi antar masyarakat kota Banda Aceh.

CFD, Minggu, 23 September 2018 mengusung tema ‘Hari Satatistik Nasional’ kerjasama Pemko, panitia CFD dan BPS. (adv)

comments

Tags:
Penulis

POST YOUR COMMENTS

Powered by lokava