Dispora Banda Aceh

Fakta Menyentuh Mohamed Salah yang Jarang Diketahui

Fakta Menyentuh Mohamed Salah yang Jarang Diketahui

Koran Aceh – Pada tahun 2002 seorang bocah kecil dari salah negeri di Afrika tepatnya Mesir berusaha membangun sebuah mimpi menjadi pesepakbola terbaik di bumi ini. Hal itupun ia wujudkan dengan memulai sebuah perjuangan belajar mengelola si kulit bundar bersama klub junior El Mokawloon.

8 tahun dilalui oleh anak yang datang dari salah satu kota di negara Mesir ini tepatnya Basion untuk menimbah ilmu bersama El Mokawloon sampai pada akhirnya ia diproyeksikan ke skuad senior di klub yang sama pada akhir tahun 2010. Selama kurun waktu 2 musim Salah dipercaya tampil sebanyak 41 kali di awal karir seniornya. Kepercayaan yang diberikan tak lantas membuat ia mengabaikannya begitu saja, 11 gol yang ia sarangkan ke gawang lawan cukup membuktikan kualitas seorang Mohamed Salah.

Sayang, sebuah musibah terjadi di Mesir tepatnya bencana yang terjadi di Stadion Port Said membuat kompetisi sepakbola di negeri ini terhenti. Asosiasi sepakbola Mesir mengungumkan hal ini secara resmi pada 10 maret 2012. Tentu saja hal ini membuat talenta seperti Mohamed Salah harus terhenti karena tidak adanya sebuah pertandingan yang akan dijalankan.

Mo Salah Mendapatkan Pinangan Basel

Akhirnya salah satu klub di Eropa tertarik mendapatkan jasa Salah dan berniat mendatangkannya untuk bermain di Basel, klub sepakbola profesional Swiss. Pada tanggal 10 april 2012 Salah secara resmi menandatangai kontrak yang berdurasi 4 tahun bersama Basel.

Sepanjang karir seniornya di Basel, Mohamed Salah dipercaya tampil sebanyak 47 kali dan berhasil memberikan sumbangan 9 gol. Salah satu gol berkesan Salah untuk Basel di pentas Eropa kala klub ini berhasil menumbangkan klub raksasa sepakbola Inggris Tottenham Hotspur 4-1 melalui adu penalti setelah sebelumnya menghasilkan agregat imbang 4-4. Sayang, di partai semifinal Basel harus tumbang di tangan klub Inggris lain Chelsea.

Chelsea secara Mengejutkan Memboyong Mo!

Setelah pertemuan Basel dan Chelsea di Stamford Bridge, tampaknya manajemen Chelsea tertarik dengan pemain yang satu ini dan berniat mendapatkan jasanya. Mungkin saja katertarikan ini terjadi karena Salah mampu melesakan sebuah gol di Stamford Bridge kala pertemuan di semifinal, entahlah. Yang pasti, hal ini langsung direalisasikan pihak klub dengan mendapatkan tanda tangan Mohamed Salah pada 23 januari 2014 dengan biaya transfer £11 juta.

Mo menjadi orang Mesir pertama yang bermain untuk Chelsea dalam sejarah sepakbola klub asal Inggris tersebut. Catatan penampilan Salah bersama Chelsea tidak banyak, hanya 13 kali dan ia berhasil menyumbangkan 2 gol.

Peminjaman Mohamed Salah ke Fiorentina

Setelah minimnya menit bermain dan kecilnya kesempatan untuk Mohamed Salah menembus skuad utama Chelsea, akhirnya sang pemain dipinjamkan ke klub asal Itali, Fiorentina untuk menambah jam terbang Salah nantinya.

2 musim bersama Fiorentina Mohamed Salah diberikan waktu menit bermain yang cukup banyak di tengah usianya yang terbilang masih cukup muda dan minim pengalaman di liga elit Eropa. Tercatat pemain ini tampil sebanyak 34 kali dengan sumbangan 14 gol. Hal ini membuat Fiorentina masih bercongkol di Seria A salah satu kompetisi sepakbola di negara tersebut dan menjadi klub yang menakutkan.

Kepindahan Mohamed Salah ke AS Roma yang Kontroversi

Kegemilangan Mo Salah begitu ia kerap dipanggil bersama Fiorentina membuat klub elit lainnya negeri Pizza tersebut tertarik mendatangkannya, AS Roma. Perjalanan klub ibu kota tersebut untuk mendaratkan Salah ke Stadion Olimpiade Roma tidak berjalan dengan mulus. Kabarnya pihak manajemen Fiorentina merasa kecewa dengan klub pemilik sah Salah, Chelsea. Dalam klasual peminjaman Salah ke Fiorentina klub ini mendapatkan hak untuk memperpanjang masa pinjam. Tapi sebelum hal itu terjadi manajemen Chelsea telah menjual Salah ke AS Roma dan ditambah atas keinginan sang pemain untuk meninggalkan La Viola.

Bersama AS Roma, Mohamed Salah bermain sangat impresif. Ia berhasil mengantarkan klub ibu kota tersebut berada di urutan 2 Liga Seri A setelah kalah selisih poin dengan Juventus untuk perebutan liga bergengsi di Itali tersebut. Total 31 penampilan ia lakoni bersama AS Roma dan berhasil menyumbangkan 15 gol. Atas kecemerlangan ini Liverpool F.C telah mendaratkan Salah ke Anfield untuk awal musim 2017/2018 dengan biaya transfer yang cukup fantastis, £35 juta.

Karier internasional Mo

Pada 9 Juni 2013, Mo mencetak hat-trick dan membantu Mesir memenangkan pertandingan keempat berturut-turut mereka di kualifikasi Piala Dunia. Pada pertandingan berikutnya, ia mencetak gol yang memenangkan kualifikasi untuk Mesir. Mo kemudian mencetak gol keenam dalam pertandingan kualifikasi untuk pencetak gol terbanyak di antara semua tim Afrika di babak kualifikasi.

Mohamed Salah (orang Inggris kerap menyingkat nama Mohamed menjadi Mo) memang menjadi pemain fenomenal di Liga Inggris musim ini.

Berikut 5 fakta unik soal Mo Salah

1. Milik Semua Orang

Banyak pesepakbola dunia membuat pernikahan mereka seperti selebritis ; serba rahasia dan tertutup. Lionel Messi misalnya. Pernikahannya supermewah, tapi dia hanya mengundang orang-orang tertentu. Yang keterlaluan, beberapa kerabat dekat mengeluh, karena tak diundangnya!

Tapi Mohamed Salah Ghali, nama lengkapnya, sungguh berbeda dan unik. Untuk menunjukkan dia milik bangsa Mesir, da membuka lebar-lebar pintu pesta pernikahannya. Semua orang di kampungnya, bisa masuk dan makan di sana. Mereka yang datang pun beragam, mulai rakyat jelata, sampai penyanyi terkenal di Mesir!

Salah menikahi pujaan hatinya, Magi, pada 2013.

2. Makka

Sudah jadi rahasia umum, Mohamed Salah adalah seorang muslim taat. Cintanya kepada religi, kadang diekspresikan dengan bersujud setelah mencetak gol.

Satu bentuk cinta lainnya kepada Islam, agama yang dia peluk, adalah pilihan nama pada anaknya (putrinya). Anaknya bernama Makka, atau Mekkah, tanah suci bagi umat Islam di Arab Saudi.

3. Kontroversi

Tak cukup mudah menjadi seorang muslim di Eropa.

Mo Salah pernah dihujani kritik oleh warga Mesir, setelah dia diundang jadi bintang tamu sebuah acara televisi di Swiss.

Saat itu Mo masih bermain di Liga Swiss, bersama FC Basel. Salah menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Liga Swiss. Di acara itu, dia mendapat kecupan dari presenter wanita cantik.

Dia pun dihujani kritik di Mesir, menganggap bahwa hal itu tak pantas dilakukan seorang muslim. Mo pun mengeluh : “Mereka lupa penghargaan yang saya terima, dan malah fokus ke momen ciuman,”. “Di Swiss, semua orang menghormatiku, sementara di kampung halaman, aku malah dicerca,” ujar Salah.

Menurut Mo, dia hanya menghormati budaya bangsa lain, di mana dia akan dianggap tidak sopan bila tiba-tiba menolak untuk dikecup oleh si presenter.

4. Tentara

Tahukah anda, Salah pernah nyaris jadi tentara di Mesir.

Mesir adalah negara yang menerapkan wajib militer. Semua orang harus bertugas jadi tentara, kecuali beberapa profesi yang menjadikan lolos dari program ini, Termasuk pesepakbola.

Nah, saat didatangkan Chelsea dari FC Basel, status Mo tak jelas. Ujung-ujungnya, dia tak masuk dalam daftar warga negara yang bebas wajib militer.

Pejabat asosiasi sepakbola Mesir, Ahmed Hassan, kemudian membantu situasi Mo, dan memasukkan nama Mo sebagai pesepakbola yang bekerja di Inggris.

Mo pun terbebas dari tugas wajib militer.

5. Super Cepat

Mo dikenal sebagai pemain yang sangat cepat. Pemain Real Madrid, Raphael Varane tak malu mengakuinya.

Ia pernah bertugas menjaga Mo saat Madrid bersua AS Roma. Dia kerap kewalahan mengimbangi lari Mo. Padahal, Varane berstatus sebagai pemain tercepat di Madrid, mengalahkan Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo!

Biodata dan Prestasi

Nama lengkap : Mohamed Salah Ghaly
Tempat dan tanggal lahir : Basion, El Gharbia, 15 juni 1992
Tinggi : 175 m
Posisi : Gelandang
Nomor punggung : 11
Warga negara : Mesir

comments

Penulis

Powered by lokava