Dispora Banda Aceh

Komputer Pertama Buatan Steve Jobs, Dilelang

Komputer Pertama Buatan Steve Jobs, Dilelang

 

Jakarta – Apple-1, yang merupakan komputer pertama buatan Steve Jobs yang berhasil dikomersilkan tengah dilelang. Komputer bersejarah itu dirilis ke pasaran pada 1976.

Saat itu, Steve Jobs bersama Steve Wozniak sebagai pendiri Apple hanya memproduksi 200 unit Apple-1. Nah, barang langka ini saat ini dilelang oleh Auction Team Breker di Jerman.

Seorang engineer komputer dari Berkeley, California yang memiliki barang tersebut memastikan kondisi komputer masih berfungsi penuh. Terlebih lagi, komputer yang dimilikinya itu salah satu dari delapan Apple-1 yang masih bekerja dan tersisa di dunia.

“Apple-1 sudah menjadi bagian dari (produk) legendaris besar, sejarah awal komputer. Apple-1 (yang dilelang) ini sangat langka, ada tanda asli NTI,” ujar juru bicara lelang dikutip dari Telegraph, Rabu (15/3/2017).

Menariknya lagi, Apple-1 juga disertai arsip dari dokumen asli, termasuk panduan operasi awal, diagram sirkuit, bahkan catatan panggilan telepon antara Jobs dan Wozniak pada 1977.

“Menurut daftar komputer Apple-1 yang disusun oleh Mike Willegal, model ini mempunyai nomor seri 01-0073 dan tercatat sebagai (komputer) ke-14 yang diproduksi. Saat ini hanya ada 60 unit Apple-1 yang ada di dunia, delapan yang berfungsi,” ungkapnya.

Auction Team Breker yang berbasis di Cologne, Jerman mengharapkan Apple-1 yang akan dilelang itu dapat terjual dengan harga fantastis, sekitar Rp 4 miliar. Proses lelangnya sendiri direncanakan berlangsung di Cologne, Jerman, pada tanggal 20 Mei 2017.(telegraph)

comments

Editor Rating
60
60
Apple-1
User Rating
10
User rating
Penulis

Powered by lokava