Dispora Banda Aceh

Pemko Sabang Alokasi Anggaran 73 Milyar Untuk Sail Sabang 2017

Pemko Sabang Alokasi Anggaran 73 Milyar Untuk Sail Sabang 2017

 

Jakarta – Pemerintah Kota Sabang mengalokasikan anggaran sekitar Rp 73 miliar pada tahun 2017, kata Dedy Fahrian, Kepala Bidang Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh  dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dan Kepala Daerah, Rabu 29 Maret 2017, di Sari Pan Pasific Hotel, Jakarta.

Sail Sabang 2017, akan menampilkan berbagai atraksi budaya; pada saat pembukaan ada tarian massal, Sabang Carnival, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, dan Sales Mission Cruise Operator and Yacht, serta  akan ditutup dengan Sendra Tari Laksamana Keumalahayati, tambah Dedy melalu rilis yang diterima media ini.

Agenda lain, Seminar Wisata Bahari, Sabang Fun Bike, Atraksi “Troen U Laot”, Sabang Bazaar, Video and Photo Drone Contest, Lomba Menulis Blog, Parade Kapal Tradisional, Pentas Wonderful Sabang, Sabang Expo dan sejumlah kegiatan pendukung menarik lainnya dari berbagai kementerian dan lembaga,” ungkap Dedy  dalam rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Sabang Sail 2017 akan 28 November – 5 Desember 2017 di Kota Sabang dan Teluk Sabang akan dipenuhi dengan kapal-kapal seperti kapal tall ship Dewa Ruci dan Bima Suci, kapal Penelitian Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, 2 kapal penumpang PELNI sebagai akomodasi terapung, 100 kapal yacht, serta beberapa kapal perang kebanggaan.

Sail Sabang 2017 diharapkan mampu memperkenalkan pesona Sabang dengan berbagai keunggulan wisata baharinya serta dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang khususnya dan Aceh umumnya yang sudah dikenal sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia.

Sail Sabang akan dipusatkan di kawasan Sabang Fair dan daerah objek wisata lainya, seperti Gapang Resort dan Kilometer Nol, dimana puncak acaranya akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo pada 2 Desember 2017.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengharapkan Sail Sabang 2017 mendapatkan dukungan semua pihak, khususnya kementerian dan lembaga terkait. “Sail Sabang 2017 harus lebih baik dan atraktif dari Sail Karimata 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat dan harus lebih sukses dari Sail Bunaken 2009  yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

comments

Penulis

Pemimpin Umum/Redaksi Koran Aceh, sejak Mahasiswa menulis pada Surat Kabar Mingguan Peristiwa, menjadi Wartawan Mimbar Umum Medan, Harian Pelita Jakarta. Pernah menjadi Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh. Lahir di Lhok Pawoh, Manggeng, Aceh Barat Daya, 6 Agustus 1969. Lulusan FKIP Universitas Syiah Kuala 1991, Jurusan Bahasa dan Seni. Aktif pada organisasi kepemudaan, aktivis LSM, Ketua Yayasan Peuradeun Nanggroe, Presidium Forum LSM Aceh priode 2000 – 2003.

Powered by lokava