Dispora Banda Aceh

Perhitungan Zakat Fitrah, Ini Lafaz Dan Doa Zakat Fitrah

Perhitungan Zakat Fitrah, Ini Lafaz Dan Doa Zakat Fitrah

Banda Aceh – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan satu diantara rukun Islam yang keempat yaitu membayar zakat. Zakat yang wajib dikeluarkan saat bulan Ramadan adalah Zakat Fitrah.

Zakat Fitrah didalam ajaran agama Islam sendiri merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk masing-masing umat.Kewajiban dalam Membayar Zakat Fitrah pun sudah banyak dijelaskan di dalam Firman Allah SWT dan Sabda Rasullullah SAW.

Lalu jika melihat keutamaan, keistimewaan dan manfaat Zakat Fitrah itu sendiri sangat lah banyak karena bisa membersihkan (Fitrah) diri dan jiwa kita, juga akan mendapatkan pahala yg begitu banyak.

Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum salat idul fitri dilangsungkan.

Atau beberapa hari menjelang salat Idul Fitri. Hal tersebut akan menjadi pembeda antara zakat fitrah dengan zakat yang lainnya.

Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah SAW yang berbunyi :

“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Ied maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Lalu rumus cara perhitungan Zakat Fitrah dengan ajaran di Agama Islam yaitu sebesar 1 satu Sha yang berarti 4 Mud dan untuk 1 Mud sendiri bernilai 676 Gram.

Namun untuk cara menghitung zakat fitrah yang lebih sederhana dan sudah di tetapkan oleh berbagai ulama di Indonesia ialah 2.7 kilogram untuk makanan pokok seperti beras, kurma, jagung dan makanan pokok lainnya.

Sedangkan, untuk jumlah uang yang bisa dibayarkan untuk membayar zakat fitrah sebagai ganti makanan pokok sendiri yaitu harga per kilogram makanan pokok dikali jumlah zakat fitrah yang dibayarkan.

Misalnya, jika harga 1 kg beras sebesar Rp 12.000 maka tinggal dikalikan 2,7 kg sehingga zakat fitrah yang dibayarkan jumlahnya Rp 32.400,00.

Mudah bukan perhitungannya, jangan sampai lupa membayar zakat ya!

 

Berikut beberapa lafal niat zakat fitrah dalam bahasa Arab:

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍَﻥْ ﺍُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻰْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻨِّﻰْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُﻨِﻰْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

 

Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah

1. Bacaan Doa Membayar Zakat Fitrah:
Allahumma j’alhaa maghnaman, walaa taj’alhaa maghraman. Artinya: Ya Allah jadikanlah ia sebagai simpanan yang menguntungkan dan jangan jadikanlah ia pemberian yang merugikan.

2. Bacaan Doa Penerima Zakat Fitrah:
Aajarak-llahuma fiima a’thaita, wa baraaka laka fiimaa abqaita, waj’alhu laka thahuuraa. Artinya: Semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah kau berikan, menjadikannya penyuci (jiwa dan harta) untukmu, dan melimpahkan berkah terhadap harta yang tersisa. (Tribun)

comments

Penulis

Powered by lokava