Dispora Banda Aceh

SMPN 3 Banda Aceh Juara Gala Siswa Indonesia

SMPN 3 Banda Aceh Juara Gala Siswa Indonesia

Banda Aceh – Tim sepakbola SMPN 3 Banda Aceh menjuarai Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP se-Kota Banda Aceh Tahun 2018. Dalam laga final yang berlangsung di Lapangan Sintetis Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Rabu (1/8/2018), tim SMP 3 berhasil mengalahkan tim SMPN 1 dengan skor 2-1.

Laga final turnamen sepakbola yang telah bergulir sejak 23 Juli silam dan diikuti oleh sembilan sekolah itu terasa lebih spesial karena ditonton langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Di deretan kursi VIP terlihat hadir pula Kadisdikbud Saminan dan Kadispora Banda Aceh Hamdani Basyah.

Dalam sambutannya usai pertandingan, Wali Kota Aminullah mengatakan pihaknya menyambut baik penyelenggaraan event ini kareana dapat memberi multiplier effect bagi Banda Aceh. “Pertama, ajang ini untuk mencari atau melahirkan bibit-bibit pesepakbola Aceh masa depan.”

“Turnamen seperti juga menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua. Dan insyaallah, tahun depan akan kita siapkan anggaran yang lebih besar agar seluruh sekolah tingkat SMP se-Banda Aceh bisa ikut serta dalam turnamen ini,” katanya disambut applause hadirin.

Manfaat selanjutnya, kata Aminullah, olahraga menjauhkan generasi muda dari pengaruh negatif Narkoba. “Seorang olahragawan tentu akan senantiasa menjaga stamina dan kesehatannya agar dapat tampil prima di atas lapangan.

“Dan yang tak kalah penting, turnamen yang dihadiri oleh banyak penonton seperti ini akan mampu menggerakkan ekonomi kota, khususnya mendongkrak pendapatan pedagang kecil sehingga pada akhirnya dapat berkontribusi dalam pengurangan angka pengangguran dan kemiskinan di kota kita,” katanya.

Kepada tim juara, wali kota berpesan agar jangan jumawa dan berpuas hati. “Teruslah berlatih agar mampu mengukir prestasi di tingkat turnamen yang lebih tinggi. Kepada yang belum menang, jangan putus asa, terus tingkatkan kemampuan agar mampu menjadi juara pada tahun depan,” katanya.

“Jangan takut bermain bola atau bercita-cita untuk menjadi atlet sepakbola, karena seorang pesepakbola yang profesional bisa lebih hebat dari pada pejabat atau pengusaha. Contohnya Cristiano Ronaldo dan masih banyak lagi pemain hebat lainnya,” katanya seraya menyatakan komitmennya untuk terus  memajukan sektor olahraga di Banda Aceh khususnya sepakbola.

Selanjutnya, Aminullah menyerahkan trofi dan uang pembinaan kepada para juara turnamen sepakbola yang digagas oleh Disdikbud Banda Aceh ini. SMPN 3 Banda Aceh sebagai juara pertama berhak atas hadiah trofi plus uang pembinaan Rp 5 juta, juara dua SMPN 1 mendapat trofi dan dana pembinaan Rp 4 juta, dan juara tiga SMPN 6 berhak atas trofi dan dana pembinaan Rp 3 juta.

Selain itu, SMPN 10 Banda Aceh selaku juara harapan juga berhak mendapatkan trofi dan uang pembinaan Rp 2 juta. Sementara gelar pemain terbaik disabet oleh Juniardi Saputra dari SMPN 3, dan top skor Farza Zainanta. Kedua juga mendapatkan trofi dan uang pembinaan masing-masing Rp 500 ribu. (Adv)

comments

Penulis

Powered by lokava